RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA SEKOLAH : SDN
101 Makale 4
TEMA : Indahnya Negeriku
SUBTEMA : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
PEMBELAJARAN : 1
KELAS / SEMESTER : IV(Tiga)/ 1I (Dua)
ALOKASI WAKTU : 1
x Pertemuan (6 X 35 Menit )
A. KOMPETENSI INTI
F
KI 1. Menerima
dan menjalankan agama yang dianutnya.
F
KI 2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
F
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
F
KI 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan
dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.7.Menentukan operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan desimal
4.2.Menyatakan pecahan ke bentuk
desimal dan persen
INDIKATOR
·
Menjelaskan
operasi penjumlahan
·
bilangan
desimal dan persen
·
Menjelaskan
operasi pengurangan bilangan desimal dan
persen
·
Mengoperasikan
penjumlahan bilangan desimal dan persen
·
Mengoperasikan
pengurangan bilangan desimal dan persen
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.7Mendeskrpisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6Menyajikan laporan
tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
INDIKATOR
· Membedakan hewan
langka dan tidak langka
· Menyimpulkan laporan
berita perburuan hewan langka
KOMPETENSI DASAR
BAHASA
INDONESIA
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
INDIKATOR
·
Menceritakan
kembali menggunakan kata-kata sendiri informasi yang digali dari berita
petualangan
·
Membuat
kalimat menggunakan kosa kata baku
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
F
Dengan mengamati gambar, siswa mampu membedakan
hewan langka dan tidak langka dengan benar.
F
Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu
menyimpulkan berita menggunakan kata-kata sendiri.
F
Dengan membaca teks, siswa mampu menceritakan
kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri.
F
Berdasarkan teks petualangan, siswa mampu
memilih dan memilah kosakata baku dan menerapkannya dalam kalimat secara
terstruktur dengan teliti.
F
Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan penjumlahan bilangan desimal dan
persen dengan benar.
F
Dengan menganalisis tabel dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengurangan bilangan desimal dan
persen dengan teliti.
F
Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan
penjumlahan bilangan desimal dan persen dengan teliti.
F
Berdasarkan tabel, siswa mampu mengoperasikan
pengurangan desimal dan persen dengan teliti.
D. MATERI POKOK
&
Operasi hitung ( penjumlahan dan pengurangan)
bilangan desimal dan persen
&
Hewan langka dan tidak langka di Indonesia
&
Menceritakan kembali isi teks petualangan
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : scientific, dan komunikatif
Metode
: diskusi, tanya jawab, penugasan
F. MEDIA/ALAT DAN SUMBER
Media : Gambar
hewan langka dan tidak langka
Sumber belajar : Nuh, Mohammad.2014.Tema
6 Indahnya Negeriku.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia (Bse.Mahoni).
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|
1. Pendahulun
F Guru membuka pelajaran dengan
menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
F Guru melakukan appersepsi sebagai
awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
F Guru memberi motivasi kepada siswa
agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
F Guru menjelaskan apa kegiatan yang
akan mereka lakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan
tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh siswa.
|
15Menit
|
|
2. Kegiatan Inti
F Siswa
mengamati gambar yang terdiri dari hewan
F langka dan
tidak langka.
F Siswa
membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar tersebut.
F Siswa
saling mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan yang telah
ditentukan
F oleh guru.
F Siswa
mendiskusikan Jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan
F masing-masing.
F Ketika
siswa berdiskusi, guru berkeliling mengamati.
F Guru
membuat catatan
F penting
tentang interaksi dan partisipasi siswa.
F Guru
memberikan perhatian khusus
F kepada
siswa yang kurang aktif dalam berdiskusi dan memberikan motivasi.
F Siswa
mengelompokkan hewan tersebut berdasarkan langka atau tidak langka pada tabel
yang telah disediakan dengan penjelasan dan panduan guru.
F Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
F Siswa menceritakan kembali isi teks informasi tentang macan tutul
menggunakan kata-kata sendiri secara individu.
F Siswa memilih 10 kosakata baru yang belum mereka pahami artinya.
F Siswa
mencari arti kata-baru baru tersebut di kamus dan menuliskan pada lembar yang
telah disediakan.
F Siswa membuat 5 kalimat menggunakan kosakata baru tersebut.
F Dengan
panduan guru, siswa menelaah tabel yang berisikan data ( desimal dan persen
) tentang jumlah jam tidur hewan.
F Siswa mendiskusikan data yang mereka telaah dalam kelompok
F Siswa menjawab pertanyaaan yang terdapat dalam buku siswa.
F Contoh pertanyaan :
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling lama ?
Hewan apa yang mempunyai waktu tidur paling singkat ?
F Siswa mempertukarkan
jawaban dengan pasangannya
F Siswa menjelaskan cara mereka menjawab pertanyaan dengan pasangan.
|
180 Menit
|
|
3. Penutup
F
Guru bersama siswa
merangkum pembelajaran yang telah dipelajari.
F
Guru menyampaikan pesan moral
bahwa begitu banyak keanekaragaman hewan di Indonesia, maka setiap
manusia harus menjaga kelestarian hewan agar tidak punah.
|
15 Menit
|
H. PENILAIAN
I.
a. Teknik
1.
Daftar periksa ( IPA )
2.
Rubrik ( Bahasa Indonesia )
Daftar periksa ( Bahasa Indonesia )
3.
Penilaian dengan skoring ( Matematika )
4.
Penilaian sikap.( kerjasama, keaktifan, menghargai pendapat teman,
tanggung jawab )
b.
Instrumen
1. Penilaian
dinilai dengan dengan daftar periksa
|
No
|
Kriteria
|
Kecapaian
|
|
|
ya
|
Tidak
|
||
|
1.
|
Siswa
mampu menuliskan 5 contoh hewan tidak langka
|
||
|
2.
|
Siswa
mampu menuliskan 5 contoh hewan langka
|
||
|
3.
|
Siswa
mampu menuliskan perbedaan hewan langka dan tidak langka
|
||
|
4.
|
Siswa
mampu menyimpulkan tentang penyebab kelangkaan hewan.
|
||
Format penilaian :
|
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||
|
Menuliskan
5
contoh hewan tidak
langka
|
Menuliskan
5 contoh hewan langka
|
Menuliskan
perbedaan hewan langka dan tidak langka
|
Menyimpulkan
Tentang
penyebab kelangkaan hewan.
|
||||
|
1.
|
Wia’am Hayat
|
||||||
|
2.
|
Adriansyah
|
||||||
|
3.
|
Marcel
|
||||||
|
4.
|
Agustinus
|
||||||
|
5.
|
Aprianto P.
|
|
|
|
|
||
|
6.
|
Anugrah P.L.
|
|
|
|
|
||
|
7.
|
Raka P.
|
|
|
|
|
||
|
8.
|
Elsa
|
|
|
|
|
||
|
9.
|
Diva Prisilya
|
|
|
|
|
||
|
10.
|
Jeanita Marsya
|
|
|
|
|
||
|
11.
|
Nabila
|
|
|
|
|
||
|
12.
|
Trivena
|
|
|
|
|
||
|
13.
|
Chytra
|
|
|
|
|
||
a.
Rubrik
Menceritakan
kembali teks petualangan dinilai dengan rubrik
|
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
lagi
|
|
Struktur
cerita
|
Memuat awal, pertengahan, dan akhir
cerita yang ditulis dengan lengkap (
( 3 )
|
Memuat
awal, pertengahan, dan akhir cerita, namun kurang lengkap.
( 2 )
|
cerita
tidak memuat salah satu aspek ( awal ; pertengahan, atau akhir )
( 1 )
|
|
Latar
Cerita
|
Memuat latar
( setting ) dalam cerita yang
ditulis secara detail
( 3 )
|
Memuat
latar
(
setting ) cerita, namu kurang detail
(
( 2 )
|
Tidak
memuat latar
(
setting ) dalam cerita.
( 1 )
|
|
Tokoh
Cerita
|
Memuat nama tokoh dengan lengkap
(
( 3 )
|
Memuat
nama tokoh, namun kurang lengkap.
( 2 )
|
Tidak
memuat tokoh cerita.
( 1 )
|
|
Keruntunan
|
Seluruh kalimat runtut
( 3 )
|
Terdapat
1-2 kalimat yang tidak runtut
(
( 2 )
|
Terdapat
3 atau lebih kalimat yang tidak runtut.
( 1 )
|
Catatan
: centang (
) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penskoran : NA = perolehan
skor x 10
Skor maksimal
Format
Penilaian :
|
No
|
Nama
siswa
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
|
Struktur
cerita
|
Latar Cerita
|
Tokoh
Cerita
|
Keruntutan
|
|||
|
1
|
Wia’am Hayat
|
|||||
|
2.
|
Adriansyah
|
|||||
|
3.
|
Marcel
|
|||||
|
4.
|
Agustinus
|
|||||
|
5.
|
Aprianto P.
|
|||||
|
6.
|
Anugrah P.L.
|
|||||
|
7.
|
Raka P.
|
|||||
|
8.
|
Elsa
|
|||||
|
9.
|
Diva Prisilya
|
|||||
|
10.
|
Jeanita Marsya
|
|||||
|
11.
|
Nabila
|
|||||
|
12.
|
Trivena
|
|||||
|
13.
|
Chytra
|
|||||
b. Daftar periksa
|
No
|
Kriteria
|
Kecapaian
|
|
|
ya
|
Tidak
|
||
|
1.
|
Siswa
mampu memilih dan memilah 10 kosa kata baku dari teks cerita petualangan
|
||
|
2.
|
Siswa
mampu menemukan dan menuliskan arti kosakata baku berdasarkan Kamus Besar
Bahasa Indonesia
|
||
|
3.
|
Siswa
mampu menuliskan 5 kosakata baku tersebut dalam kalimat yang runtut
|
||
3. Matematika
dinilai dengan skoring
4.
Penilaian sikap ( kerjasama, keaktifan, menghargau pendapat teman,
tanggung jawab )
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Tidak terlihat
|
|
1.
|
Kerjasama
|
||
|
2.
|
Keaktifan
|
||
|
3.
|
Menghargai pendapat teman
|
||
|
4.
|
Tanggung jawab
|
Format penilaian
|
No |
Nama Peserta
Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
|
Kerja
sama
|
keaktifan
|
Menghargai
Pendapat
Teman
|
Tanggung
jawab
|
||||
|
1.
|
Wia’am Hayat
|
||||||
|
2.
|
Adriansyah
|
||||||
|
3.
|
Marcel
|
||||||
|
4.
|
Agustinus
|
||||||
|
5.
|
Aprianto P.
|
||||||
|
6.
|
Anugrah P.L.
|
||||||
|
7.
|
Raka P.
|
||||||
|
8.
|
Elsa
|
||||||
|
9.
|
Diva Prisilya
|
||||||
|
10.
|
Jeanita Marsya
|
||||||
|
11.
|
Nabila
|
||||||
|
12.
|
Trivena
|
||||||
|
Chytra
|
|||||||
|
13.
|
|||||||
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Nilai =
perolehan
skor x 10
Skor maksimal
EVALUASI
Pilihlah satu jawaban yang tepat !
1. Satu
dari lima jenis harimau di dunia yang masih bertahan hidup adalah...
a. Harimau
Jawa
c. Harimau Bali
b. Harimau
Sumatra
d. Harimau Bali
2. Burung
merak yang memiliki bulu-bulu yang indah, hijau keemasan adalah..
a. Merak
jawa atau merak hijau c. Merak bali atau
merak hijau
b. Merak
jawa atau merak hijau d. Merak batam atau
merak hijau.
3. Hewan
yang langka dan unik karena dianggap sebagai warisan zaman prasejarah yang
masih hidup adalah...
a. Musang
c. Harimau
b. Kelelawar
d. Komodo
4. Yang
termasuk hewan langka dibawah ini adalah, kecuali...
a. Orangutan
c. Harimau Sumatra
b. Komodo
d. Ayam
5. Jumlah
dari 100,05 + 300,6 adalah...
a. 400,65
c. 200,65
b. 300,05
d. 500,65
6. Hasil
pengurangan dari 50,35 – 30,20 adalah...
a. 10,
35
c. 12, 45
b. 11,25
d. 20,15 jawaban
7. Hasil
penjumlahan dari 65,8 % + 13,5 jam adalah..
a. 100,5
%
c. 122,05 %
b. 123,6
%
d. 133,55 %
8. Hasil
pengurangan dari 14,9 jam – 40,4 % adalah...
a. 6,3
jam
c. 5,2 jam
b. 7,2
jam
d. 4,2 jam
9. Hasil
dari 70,35 + 800,35 adalah...
a. 970,5
c. 770,8
b. 990,5
d. 870,7
10. Hasil dari 60,45 % + 50,50% adalah...
a. 120,95
c. 110,95
b. 121,95
d. 111,95
Jawablah pertanyaan berikut !
1. Sebutkan
5 hewan langka yang ada di Indonesia...
2. Sebutkan
10 hewan yang tidak langka di Indonesia...
3. Waktu
tidur harimau adalah 65, 8 dan waktu tidur jaguar adalah 10,8 jam.
Berapakah jumlah tidur kedua hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk jam
)
4. Waktu
tidur tupai adalah 62% dan waktu tidur simpanse adalah 9,7 jam.
Berapakah hasil pengurangan jumlah tidur kedua hewan
tersebut...(ditulis dalam bentuk persen )
5. Waktu
tidur macan tutul adalah 50,6 % , dan waktu tidur ular piton adalah 75%,
sedangkan waktu tidur jaguar adalah 10,8 jam. Berapakah hasil penjumlahan waktu
tidut ketiga hewan tersebut...(ditulis dalam bentuk jam )
Kunci Jawaban
Pilihlah jawaban paling tepat !
1. B
2. A
3. D
4. D
5. A
6. D
7. C
8. C
9. D
10. C
Jawablah pertanyaan berikut !
1. –
orangutan
-
Harimau sumatra
-
Merak Jawa atau merak hijau
-
Macan tutul
-
Komodo
2. – ayam
-
Bebek
-
Kerbau
-
Sapi
-
kelinci
-
kucing
-
ular
-
tupai
-
kelelawar
-
burung merpati
-
dan bisa jawaban-jawaban lain.
3. 65,8% +
10,8 jam = 15,8 jam + 10,8 jam = 26,592 jam
4. 62% -
9,7 jam = 21,6 %
5. 50,6% +
75% + 10,8 jam = 40,9 jam
|
Guru Pamong
Kelas IIIA
(
A.ST.Salmi,S.Pd)
NIP
:19720216 199803 2004
|
Makale,24
Januari 2017
Mahasiswa
( Suharti Sartika )
NIM : 214 118 224
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SDN 101 Makale 4
(
Ludia Bara’,S.Pd,.MM )
NIP: 19620414
198411 2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar